EC merupakan konsep baru yang dapat digambarkan sebagai
proses jual beli barang jasa pada Word Wide Web Internet atau proses jual beli
atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi termasuk
Internet .
Kerangka EC
Aktifitas bisnis
selalu membutuhkan tempat, maka jelaslah bahwa aplikasi EC dibangun di atas
insfrastruktur teknologi yang ada. Aplikasi EC selalu didasari oleh berbagai
insfrastruktur sedangkan implementasinya tidak lepas dari 4 wilayah utama,
yaitu :
1. manusia
2. kebijakan
publik
3. standar dan
protokoler teknis, serta
4. organisasi
lainnya .
Manajemen
e-commerce lah yang akan mengkoordinasikan aplikasi, insfrastruktur dan pilar
pilarnya.
Aplikasi EC
meliputi bidang saham, pekerjaan, pelayanan, keuangan, asuransi , mall,
pemasaran dan periklanan on-line, pelayanan pelanggan, lelang, travel,
hardware, software, hiburan, buku musik, pakainan , ritel dan publikasi
on-line.
Sedangkan Pilar –
pilar manusia yang berperan dalam EC
meliputi pembeli , penjual, perantara, jasa, sistem informasi dan manajemen.
Pilar kebijakaan publik meliputi pajak ,
hukum dan isu privasi dan bebas bicara.
Pilar standar
teknis mencakup dokumen , kemanan, dan protokol jaringan . Sedangkan Pilar
Organisasi adalah partner , pesaing , asosiasi dan pelayanan pemerintah.
Membentuk suatu sistem antar-organisasi
(IOS)
Suatu kombinasi perusahaan-perusahaan
yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal. Mitra
Dagang atau Mitra Bisnis adalah perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS.
Manfaat
IOS terbagi dalam dua kategori :
1.
Efisiensi Komparatif
Para mitra bisnis dapat
menyediakan barang dan jasa dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing
mereka. Perbaikan efisiensi dapat berasal dari dalam dan berkaitan dengan
organisasi lain : Efisiensi internal; perbaikan-perbaikan dalam operasi
perusahaan tersebut sehingga dapat mengumpulkan data dan menganalisisnya lebih
cepat serta membuat keuputusan lebih tepat dan cepat.
• Efisiensi Internal : perbaikan-perbaikan
dalam operasi perusahaan tersebut
sehingga dapat mengumpulkan data
menganilisis nya lebih cepat serta membuat keputusan lebih tepat dan cepat.
• Efisiensi antar-organisasi :
perbaikan-perbaikan diperoleh melalui kerjasama
dengan perusahaan lain.
Perbaikan-perbaikan diperoleh
melalui kerjasama dengan perusahaan lain. Sehingga memungkinkan menawarkan
lebih banyak barang dan jasa, melayani lebih banyak pelanggan, memindahkan
pekerjaan tertentu ke pemasok atau pelanggan, serta mudah mengumpulkan data
lingkungan.
2.
Kekuatan Tawar Menawar
merupakan suatu kemampuan untuk
menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan
dirinya. Kekuatan tersebut berasal dari :
• Keistimewaan produk yang unik;
pemesanan lebih mudah, pengiriman yang lebig cepat, waktu respon atas
permintaan informasi yang lebih cepat.
• Penurunan biaya yang
berhubungan dengan pencarian; mengurangi biaya belanja dalam mencari pemasok,
dapat mengidentifikasi produk alternative dengan mendapatkan harga yang
terendah.
• Peningkatan biaya peralihan;
perusahaan ingin jika pelanggan beralih ke pesaing maka biaya peralihannya
menjadi mahal. Ketergantungan produk satu dengan yang lainnya sangat tinggi.
Pertukaran data elektronik (EDI atau Electronic Data Interchange, juga Electronic Document Interchange) adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.
Istilah ini umumnya dipakai dalam konteks perdagangan dan bisnis, khususnya perdagangan elektronik atau e-dagang. Biasanya digunakkan oleh perusahaan-perusahaan dalam memudahkan proses pertukaran data transaksi yang berulang-ulang antar perusahaan.
Standar EDI dikembangkan di berbagai sektor industri,
dalam berbagai negara,
dan prosesnya dipengaruhi oleh struktur-struktur komite dan prosedur yang
rumit. Berikut adalah beberapa contoh standar EDI: EDIFACT (dirancang oleh PBB), BACS (digunakkan
dalam Britania Raya),
ODETTE (digunakkan dalam industri otomotif Eropa), ANSI X12 (digunakkan dalam berbagai sektor bisnis di Amerika Utara).
Manfaat
EDI
Penghematan
waktu.
Pada dasarnya EDI menggantikan transaksi yang menggunakan kertas menjadi
transaksi berbasis elektronik. Hal ini telah menghemat waktu yang tadinya
dialokasikan untuk menulis, mencetak, dan pengiriman melalui jasa pos.
Penghematan
biaya.
Biaya untuk membayar peralatan, prangko, jasa pos, pegawai dan petugas dapat dikurangi karena sistem EDI
telah menyederhanakan semua ini ke dalam sebuah urutan yang sistematis
dan otomatis.
Minimalisasi
kesalahan.
Kesalahan yang sering terjadi dalam pekerjaan manual biasa terjadi karena
bekerja menggunakan kertas dilakukan oleh manusia, sedangkan sistem EDI
adalah sistem
yang berbasis komputer
sehingga kesalahan dalam proses pertukaran informasi dapat dikurangi oleh
kalkulasi komputer.
Respon
yang cepat.
Cara pemesanan tradisional yang menggunakan kertas membutuhkan waktu
berhari-hari untuk dokumen-dokumen transaksi mencapai tujuan pengirimannya. Waktu dalam
penungguan ini sebenarnya mempunyai nilai yang cukup berarti bagi para pelaku bisnis.
Aliran
kas.
Siklus dalam perdagangan menjadi lebih cepat seiring
mempercepatnya proses pesanan dan pengiriman yang juga memengaruhi kecepatan
pembayaran. Bertambah cepatnya pembayaran akan berdampak pada meningkatnya arus
kas.
Peluang
dalam bisnis. Jumlah pelanggan
meningkat dan mereka biasanya hanya akan berbisnis dengan pemasok
yang menggunakan EDI. Persaingan pun meningkat dalam memulai bisnis baru
karena adanya penggunaan EDI. Industri supermarket dan perakit kendaraan
merupakan contoh bisnis yang banyak menggunakan EDI dalam kemitraannya.
Perdagangan melalui Jaringan Elektronik
Transaksi bisnis yang menggunakan akses
jaringan, sistem berbasis komputer, dan jaringan internet.
Perdagangan melalui Jaringan Elektronik
ada 2 jenis :
1.
Business-to-Customer (B2C)
Perdagangan melalui jaringan elektronik
yang berkenaan dengan transaksi antara sebuah perusahaan dengan pemakai akhir
dari produk.
Strategi Business to Customer (B2C)
melalui Jaringan Elektronik
- Produk Digital, Produk dan jasa tertentu dapat dikirim kepada konsumen langsung melalui internet. Contoh produk digital seperti lagu, film, perangkat lunak. Produk dan jasa dapat langsung dikonsumsi setelah didownload.
- Produk Fisik, Produk dan jasa tertentu yang tidak dapat langsung dikonsumsi melalui internet, tetapi harus dikirimkan kepada konsumen. Order penjualan dan pembayaran dapat diterima melaui internet, setelah itu dilakukan pengiriman kepada pembeli.
- Virtual kontra Penjualan Hybrid, Penjual Virtual adalah penjualan yang dilakukan oleh perusahaan yang tidak memiliki toko secara fisik. Penjual Hybrid adalah penjualan yang dilakukan perusahaan yang memiliki toko secara fisik dan juga memiki halaman Web untuk melakukan penjualan.
2.
Business-to-Business (B2B)
Perdagangan
melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara
perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir. Tiga teknologi
perdagangan melalui jaringan elektronik.
· Sambungan
Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa
telekomunikasi.
· Jaringan
Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual
yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang
diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
· Internet,
memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan
para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
Manfaat dari perdagangan melalui
jaringan elektronik :
•
Pelayanan pelanggan yang lebih baik
•
Hubungan dengan pemsok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
•
Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat
Kendala dari perdagangan melalui
jaringan elektronik :
•
Biaya Tinggi
•
Masalah Keamanan
•
Perangkat lunak yang belum tersedia secara merata
referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Pertukaran_data_elektronik
http://arlanwidiantara.blogspot.com/2011/09/sistem-antar-organisasi-ios.html
http://arlanwidiantara.blogspot.com/2011/09/teknologi-perdagangan-melalui-jaringan.html
referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Pertukaran_data_elektronik
http://arlanwidiantara.blogspot.com/2011/09/sistem-antar-organisasi-ios.html
http://arlanwidiantara.blogspot.com/2011/09/teknologi-perdagangan-melalui-jaringan.html
0 komentar:
Post a Comment