March 15, 2011

Gejolak PSSI


PSSI, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia yang merupakan organisasi tertinggi pada bidang sepakbola yang didirikan oleh bapak Ir.Soeratin pada 19 April 1930 digunakan oleh beliau sebagai alat pemersatu bangsa ini yang pada saat itu masih dijajah. 

Pada awal berjalannya PSSI banyak sekali prestasi yang dicapai persepak bolaan Indonesia hingga sampai era 80-an, bahkan Indonesia sampai dijuluki sang Macan Asia. Dan ternyata disitulah era terakhir dimana Indonesia Berjaya di persepak bolaan karena dari era 90-an sampai dengan sekarang prestasi Indonesia sangat sedikit dan hampir tidak ada yang dapat dibanggakan. Terlebih Indonesia sekarang terlempar ke dari peringkat 100 besar padahal Indonesia pernah mencapai peringkat 80 dunia.

Lalu sebenarnya apa masalah dari menurunnya prestasi timnas Indonesia?
Sebenarnya masalahnya hanya kurangnya figur pemimpin dalam tubuh PSSI dan juga karena arogansi kekuasaan dari para pemimpin di PSSI saat ini. Bahkan di tubuh PSSI diduga ada praktek mafia, bagaimana tidak dalam sebuah pemberitaan diduga ada skandal pengaturan skor pada saat Indonesia kalah menghadapi Malaysia saat piala AFF 2010 dengan skor 3-0 dan diduga  ada salah satu pejabat di PSSI yang terlibat walaupun kebenaran berita ini tidak jelas dan sudah dibantah oleh PSSI.

Lalu sekarang kontroversi PSSI bertambah setelah sang ketua umum kembali mencalonkan diri menjadi ketua umum lagi padahal dalam statuta FIFA sudah tercantum bahwa seorang ketua umum tidak pernah tersangkut kasus criminal. Sebab pada saat 2007 beliau pernah mendekam dibalik penjara karena kasus korupsi namun setelah masa tahanannya selesai beliau kembali menjadi ketua umum kembali.

Lalu apa solusi yang tepat untuk menjadikan persepak bolaan Indonesia menjadi baik kembali?
Mungkin solusi yang tepat adalah mereformasi seluruh elemen di PSSI dan merombak susunan dan struktur kepemimpinannya. Sebab tujuan PSSI sudah berubah sejak dahulu didirikan Ir.Soeratin yang bertujuan untuk menyatukan bangsa sekarang menjadi memecah belah bangsa dengan berbagai kerusuhan yang terjadi saat pertandingan. Dan mungkin juga ada kepentingan politik dibalik tidak ingin mundurnya pemimpin PSSI sekarang.

Jadi kita tunggu saja semoga yang menjadi pemimpin PSSI berikutnya mempunyai keinginan yang kuat untuk memajukan sepak bola Indonesia lagi dan mudah-mudahan tidak sama seperti saat ini.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 

Black Box Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger